EVERY DAY IS A GRAT DAY. Default writing direction.
Some text. Right-to-left direction.
-->

Tuesday, December 2, 2008

Seputar Planologi Undip


Kenapa Planologi Undip?
planologi... hmph... awalnya, kata itu bukan kata yang terlalu asing di telinga saya, mengingat kakak saya juga berada di jurusan yang sama di salah satu universitas negeri di Jogja.
teknik planologi atau biasa disebut dengan teknik perencanaan wilayah dan kota, merupakan salah satu jurusan di fakultas teknik yang bisa dikatakan berhubungan dengan semua bidang. tidak terbatas masalah sosial saja, planologi juga terkait dengan masalah ekonomi dan lingkungan.

awalnya saya kurang begitu tertarik dengan jurusan ini. tetapi entah karena faktor beruntung atau memang sudah rizki saya, saat pengumuman UM Undip 1, saya dipertemukan di jurusan itu, yeach... diterima saja. sampai beberapa hari saya masi mempertimbangkan apakah masih ingin ikut SNMPTN atau tidak, tetapi atas dukungan kakak saya sendiri yang justru mengatakan, "Ga bersyukur banget dech kalo kamu tolak. Plano-nya Undip tu lebih bagus daripada punyaku."

setelah mendapat masukan dan dikenalkan lebih jauh tentang plano, saya jadi lebih tau tentang banyak hal. di sana kakak saya menunjukkan berbagai penyalahgunaan fasilitas umum seperti zebra cross, halte, tempat parkir dan banyak masalah yang sudah seharusnya ditangani oleh para planner. "Itu tu tugas kamu nanti, di samping tugasku juga", begitu katanya. juga dari acara Second from Disaster yang menekankan pentingnya sebuah perencanaan kota.

dan yang paling bikin tertarik setelah saya mengenal planologi di UNdip, selain terakriditas A, ternyata gedungnya juga bagus, dan masih baru, hehe... itu saya rasakan banget sebagai faktor penguat untuk bisa tetap bertahan agar tidak ikut snmptn dan tetap mengambil planologi sebagai sekolah lanjutan setelah lama menetap di Solo.

dan endingnya...yach di sinilah saya, di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Undip Semarang, yang notabene merupakan fakultas teknik dengan urutan ke-3 se-Indonesia (kata pembicara PMB gitu sih...)

Semoga dengan memasuki jurusan yang telah diridhokan kepada saya (Insya Alloh), saya bisa menjadi planner yang baik dan sukses sebagai konsultan yang bukan asal-asalan.. amin

Tekniiikk.... Planologiii!!!
Planologii....Jaya!!!


Perencanaan itu apa yach?

Perencanaan Sebagai Proses
Perencanaan adalah sebuah proses berpikir yang hasil proses dipergunakan untuk melakukan tindakan
Planning acts as an intervening variable between knowledge and action (Westley 1995).

Untuk menjadi perencana yang baik, seseorang harus memiliki:
Kemampuan untuk menyerap pengetahuan.
Kemampuan untuk mengkaji pengetahuan.
Pengetahuan yang luas.

Perencanaan Sebagai Profesi

-Perencanaan adalah sebuah bidang profesi.
-Perencanaan adalah profesi yang membutuhkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan kemampuan orang awam/ umum.
-Perencanaan adalah suatu bidang yang dapat digunakan sebagai pegangan untuk mendapatkan kesejahteraan.

Perencanaan Sebagai Arah Ke Masa Depan

Perencanaan adalah proses menuju masa depan.
Perencanaan adalah proses mewujudkan tujuan, sasaran dan target yang diinginkan di masa depan.
Perencanaan adalah proses mencapai apa yang diharapkan di masa depan.
Perencanaan adalah proses mencapai sesuatu yang lebih baik di masa depan.

Konsekuensi
Rencana harus disusun dengan proses yang sistematis dan tepat, sesuai dengan kaidah-kaidah logika.
Rencana harus disusun berlandaskan atas alasan-alasan yang tepat dan masuk akal.
Rencana harus disusun dengan arah yang jelas.

Intinya menurut saya pribadi, perencanaan adalah sebuah proses pemikiran yang berkesinambungan dan terstruktur yang mendayagunakan sumber daya secara efisien demi mewujudkan suatu cita-cita


sumber : Materi Kuliah Pengantar PWK

1 comment:

  1. salam kenal, saya maba planologi undip, mohon bimbinganya :)

    ReplyDelete